Virtual Airlines di Dunia Aviasi Virtual

Di dunia aviasi virtual tempat saya menimba ilmu aviasi (IVAO Network) yang dibuat semirip mungkin dengan dokumen yang diadaptasi dari ICAO hingga dibuat semirip mungkin dengan kondisi sesungguhnya, ada yang namanya virtual airlines (VA). Ini merupakan sebuah maskapai virtual yang juga diadaptasi dari dunia sesungguhnya (realworld) sehingga dunia aviasi virtual yang kita sebut IVAO ‘hidup’ seperti realworld. Euforianya bisa didapatkan oleh para anggotanya.

Membangun sebuah virtual airline tidaklah semudah membalikkan tangan. Terlebih virtual airline yang kita buat merupakan airline yang ada di realworld. Kesulitan paling utama  dalam membangun virtual airline berbasis realworld adalah pertama flight schedule yang harus kita susun sesuai kondisi sebenarnya dari berbagai sumber. Biasanya bisa diambil dari flightradar24.com atau jadwal penerbangan dari maskapai itu. Kedua soal penyesuaian sistem dengan platform simulatornya yang kadang kala cukup menyulitkan bagi tim. Ketiga adalah maintain kondisi, ini yang paling sulit, ya walaupun pasti ada masa dimana VA akan ramai dan masa dimana VA akan sepi, tim/staff harus ekstra keras untuk membuat kreatifitas agar kebosanan dapat ditangkas.

Selain hal-hal diatas, hal teknis yang paling penting dan menjadi ‘nyawa’ bagi VA adalah situs web dan server yang mana ini sangat penting untuk keberlangsungan hidup VA itu sendiri. Untuk platform sistem manager ada banyak sekali pilihan di tahun 2018 ini. Sebagian masih proses pengembangan, sebagian lagi sudah cukup terkenal dan mudah digunakan bahkan ada juga yang memang umum dipakai, ada yang berbayar dan ada yang gratis.

Saya akan menuliskan beberapa sistem yang biasa dipakai untuk membangun sebuah Virtual Airline diantaranya adalah:

  1. Virtual Airline Manager, sistem yang satu ini gratis dan cukup mudah dioperasikan bahkan di level newcomers pun. Sayangnya untuk modifikasi tema, menambahkan fitur-fitur unik kita harus membeli addons scriptnya, namun kelebihannya, panel admin cukup dapat dipahami dan mudah dioperasikan.
  2. PHPVMS, ini merupakan yang umum digunakan, sistem gratis dengan fitur standard yang cukup untuk kelas VA based real-ops, namun untuk panel adminnya tidak begitu menarik dan fitur yang ditawarkan sangatlah standar.
  3. Integrated Pirep System, ini merupakan salah satu sistem yang juga cukup terkenal bahkan pelayanannya yang lambat juga terkenal. Sistem berbayar satu ini sebenarnya cukup bagus baik sisi pilot dan staff, panel admin juga cukup mudah dioperasikan dan tampilannya lebih userfriendly, namun bagi web development ini merupakan ‘neraka’, karena dasar yang ia suguhkan menggunakan platform koding yang usang. Harus lebih sabar jika menggunakan ini, namun sepertinya akhir-akhir ini pemilik sistem ini tidak melayani proyek baru, tutup? entahlah.
  4. VAMSYS, ini merupakan sistem baru yang muncul akhir-akhir ini, banyak tantangan bagi pilot maupun staff. Saya sendiri belum tahu panel adminnya seperti apa, hanya saja tampaknya cukup mudah dioperasikan, sistem yang mereka tawarkan ini berbayar namun mereka saat ini tidak membuka untuk proyek baru sampai vamsys versi 3 rilis. Saya juga cukup penasaran dengan sistem yang satu ini.
  5. VAOS, ini salah satu sistem yang sedang dalam pengembangan, dasar sistemnya menggunakan framework laravel kalau dilihat dari UI nya cukup menarik, namun untuk saat ini masih banyak bugs didalamnya, namanya juga baru dikembangkan. Paling menarik dari sistem ini adalah, sistem ini open source siapapun boleh mengembangkan.

 

Pada dasarnya semua tergantung bagaimana kita memahami web development. Dengan memahami dan mengerti dasar maupun advance di bidang web development semua akan dapat diatasi pun dengan fitur berbayar untuk addons scriptnya. Yang terpenting adalah tim web development dari sebuah VA itu sendiri, sehingga VA dapat berjalan dengan lancar dan sempurna. Setiap platform tentu menawarkan berbeda-beda fitur, menawarkan kelebihan yang berbeda-beda pula dan kesulitan yang berbeda-beda, saran saya sebelum anda mengembangkan sebuah virtual airline di dunia aviasi virtual, sebaiknya menilik-nilik masing-masing demo dari platform-platform sistem yang saya sebutkan diatas. Masih ada beberapa sistem tetapi hanya lima yang saya sebutkan, karena menurut saya kelima sistem ini cukup bagus.

Dari hal-hal tersebut diatas yang terpenting dan paling utama adalah dana. Sepertinya tidak perlu dijelaskan disini hehe.

Jika teman-teman ingin berkonsultasi tentang membangun sebuah virtual airline dapat menghubungi saya. Sekian artikel ini mungkin kedepan akan saya sambung lagi. Salam

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *